Tuesday 27 September 2011

Moe


Antropomorfisme moe (萌え擬人化 moe gijinka?) adalah bentuk dari antropomorfisme dimana karakteristik dari Moe diberikan pada non-manusia, objek, konsep, atau fenomena. Sebagai tambahan untuk fitur dari moe, antropomorfisme moe ini juga dicirikan dengan aksesoris mereka, yang berfungsi untuk menekankan bentuk asli mereka sebelum antropomorfis. Karakter perempuan disini, biasanya dalam bentuk cosplay, yang digambarkan sebagai perwujudan dari benda tak bergerak atau produk populer, dikarenakan garis tubuh wanita lebih berlekuk dibandingkan laki-laki. Bagian dari humor personafikasi ini datang dari kepribadian dianggap dari karakter (kadang menyindir) dan digunakan untuk mengidentifikasi beragam mesin, objek, dan bahkan tempat fisik sebagai sesuatu yang imut.

Banyak dari perempuan ini mempunyai nama akhir -tan (たん), yang adalah pengucapan yang salah dari -chan (ちゃん), sebuah sufiks gelar hormat kecil yang informal dan intim untuk seseorang yang digunakan orang untuk teman, keluarga, dan hewan peliharaan. Pada kasus ini, salah pengucapan dilakukan secara sengaja untuk menimbulkan efek daya tarik dan keimutan yang pada umumnya diasosiasikan dengan anak kecil.

Bentuk antropomorfisme ini sangat umum dikalangan para otaku, Dengan pengecualian atas kemonomimi (yang berbentuk seperti manusia dan mempunyai ciri binatang), banyak antropomorfiasi moe dimulai karena adanya kegiatan dōjin. Banyak dari moe tersebut berasal dari diskusi di forum internet Jepang seperti 2channel atau Futaba Channel. Akhir-akhir ini, trend dojin ini semakin meningkat dalam bentuk anime dan manga komersial seperti Binchō-tan dan 090 Eko to Issho yang menghadirkan karakter personifikasi dari objek tak bergerak. XD

No comments:

Post a Comment